Senin, 24 September 2018

Makalah: Manfaat Berorganisasi Untuk Kalangan Mahasiswa

Organisasi sanggup dirumuskan sebagai suatu kerjasama menurut suatu pemberian kerja yang tetap. Hidup berkelompok pada umumnya membutuhkan suatu perkumpulan atau organisasi. Didalam UUD'45 pasal 28, berorganisasi disebutkan dengan istilah berserikat, sedangkan apabila kerjasamanya tidak permguant disebut berkumpul.

Namun secara garis besar, manfaat organisasi bagi mahasiswa tentunya termasuk dalam bidang yang di geluti oleh mahasiswa itu sendiri. Sehingga ruang lingkupnya masih sempit. Misalnya, bila seorang mahasiswa masuk dalam sebuah organisasi yang bergerak di bidang Pecinta Alam tentunya bidang kajian yang di gelutinya seputar pecinta Alam. Begitu juga dengan manfaatnya.
Pada peluang kali ini saya akan membicarakan manfaat organisasi bagi langsung mahasiswa. Berikut ulasannya:

Manfaat Pergaulan

Masih banyak orang yang tidak memahami pergaulan secara positif, nah inilah pergaulan yang konkret tersebut. Jika seseorang masuk dalam organisasi yang disukainya tanpa ada paksaan tentunya ini yaitu bagian dari kebaikan organisasi. Mampu merekrut anggota dengan kelebihan tertentu, maka organisasi ini sanggup dikatakan mempunyai potensi. Minimal punya daya tarik dan kemampuan mempersembahkan sumbangsih konkret bagi anggotanya.

Sedangkan dalam sudut pandang pergaulan, mahasiswa punya peluang mengenal orang-orang dengan hoby atau minat pada suatu hal tertentu dengan jenis yang sama. Sehingga, diskusi yang interaktif sanggup terjalin, keingin tahuan, bertukar opini, saling menghargai dan menilai antar sesama anggota. (Nilai konkret pergaulan bila dilksanakan dengan baik)

Manfaat Pengetahuan
Masih dalam manfaat pergaulan, bila seseorang aktif dalam organisasi dan terjadi transfer dan pertukaran pengetahuan tentunya akan menambah masukan pengetahuan yang dimilikinya juga. Misalnya dalam forum-forum, sudah tidak jarang kita mendapat masukan yang bermanfaa dari hal yang dibahas di dalam lembaga tersebut. Secara otomatis kita menularkan pengetahuan tersebut kepada mitra kita yang lain yang mungkin tidak mengetahui.

Manfaat Pola Pikir
Semakin dalam seseorang masuk dalam organisasi, tentunya nilai pergaulan, pengetahuan yang dimilikinya akan semakin bertambah. Mempertimbangkan opini, menilai dan mengevaluasi suatu hal akan membentuk suatu referensi berfikir yang dirasa lebih efektif bagi dirinya. INI kenapa bila seorang yang berpengalaman berorganisasi merasa tidak ada yang susah dalam dunia ini. Mempunyai kemampuan menilai lebih cepat dan akurat dalam melaksanakan banyak sekali macam hal.

Kuat dalam Tekanan
Bagimana seseorang bisa berbicara di muka umum dengan baik, tegap, menarikdanunik dan terlihat profesional. Tidak ada rasa canggung, grogi dan sebaginya. Kemampuan ini didapatnya dari kebiasaan mengemukakan pendapat dalam lembaga yang lebih kecil. Terbiasanya seseorang menghadapi publik baik itu dalam sebuah tekanan sekalipun.
Tidak spesialuntuk dalam berbicara, tapi dalam kehidupan sehari-harinyapun dirasa ialah tantangan yang harus dia selesaikan segera dengan baik. Jika ada permasalahan pelik, orang yang berpengalaman dalam organisasi lebih bisa menuntaskan dengan serius yang tinggi.

Kemampuan Berkomunikasi
Jika kita sering berfikir untuk mempersembahkan opini, menyanggah, evaluasi, kritis dan mencari trobosan gres tentunya akan bisa mengolah bagaimana mengutarakan kata-kata nya sehingga sanggup besar lengan berkuasa pada lawan bicara. Nah.. inilah kenapa seseorang yang berpengalaman dalam berorganisasi itu mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, malahan bisa menghipnotis orang yang menjadi lawan bicaranya.
melaluiataubersamaini demikian, sudahkah anda berorganisasi?? Atau mungkin anda yaitu orang yang termasuk di dalamnya. Bagaimana keuntungannya bagi anda?

Artikel Terkait

Makalah: Manfaat Berorganisasi Untuk Kalangan Mahasiswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email