Selasa, 25 September 2018

Perbandingan Ciri-Ciri System Kesehatan Dilihat Dari Pelayanankesehatan Negara Indonesia Dan Singapore

Taraf kehidupan penduduk negara berkembang yang masih rendah juga berdampak pada tingkat kesehatan penduduknya. Pada umumnya penduduk negara berkembang belum mempunyai kesadaran akan pentingnya kesehatan. Minimnya masukana dan pramasukana kesehatan menimbulkan tingkat kesehatan rata-rata penduduk di negara berkembang masih rendah juga ditandai dengan angka simpulan hidup dan angka kelahiran tinggi, sedangkan angka impian hidup rendah.
misal negara berkembang yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, India, Vietnam.

A. Pelayanan Kesehatan Negara Indonesia
            UUD 1945 pasal 28 H ayat (1) menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Sedangkan UUD 1945 pasal 34 menyatakan  bahwa :
  • Fakir miskin dan belum dewasa terlantar dipelihara oleh Negara ( ayat 1 )
  • Negara menyebarkan system jaminan social bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak bisa sesuai martabat kemanusiaan ( ayat 2 )
  • Negara bertanggung tanggapan atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak ( ayat 3 ). Sedangkan Undang Undang Nomor 23  Tahun 1992 ihwal Kesehatan pasal 4 menyatakan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh derajat kesehatan yang optimal
            melaluiataubersamaini landasan aturan di atas, pemerintah sudah melaksanakan banyak sekali upaya biar sanggup dicapai pemerataan pelayanan kesehatan hingga ke pelosokpelosok, diantaranyaadalah mendirikan  puskesemas minimal 1 buah di setiap kecamatan dan menempatkan perawat serta bidan di desa.
Adapun pelayanan kesehatan yang di diberikan pemerintah lainnya berupa :

  1. pemdiberian subsidi dan sumber biaya bagi pasien yang miskin, Bagi pasien yang disubsidi, faktor biaya harus diperhatikan alasannya ialah pemdiberi subsidi tidak berharap bahwa uang yang disumbangkan akan dipergunakan secara tidak efisien oleh rumah sakit
  2. Rumah sakit mempersembahkan pelayanan bagi keluarga miskin sama mutunya dengan untuk orang kaya.
B. Pelayanan Kesehatan Negara Singapore
  • Keunggulan, Keamanan dan Kepercayaan
            Pelayanan klinis di Singapura mengedepankan keunggulan, keselamatan dan kepercayaan, dengan fasilitas berakreditasi internasional dan dokter-dokter yang terlatih diberbagai sentra kesehatan terbaik di dunia. Sistem pelayanan kesehatan Singapura menduduki peringkat keenam terbaik dunia dan teratas di Asia berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO tahun 2000. Di samping itu, 13 rumah sakit dan sentra kesehatan di Singapura sudah mendapat legalisasi Joint Commission International (JCI).
            Di luar banyak sekali sertifikasi internasional di atas, kualitas pelayanan kesehatan Singapura juga tampak dari sejumlah indikator klinis yang diterbitkan. Banyak penyedia pelayanan kesehatan Singapura menerbitkan angka-angka keberhasilan di situs web masing-masing; angka-angka tersebut sanggup disejajarkan dengan standar internasional, bahkan melampauinya.
  • Transparansi Sistem
            Departemen Kesehatan Singapura menjaga sistem perawatan kesehatan yang transparan dengan mempublikasikan secara online informasi dan statistik vital menyerupai statistik pengendalian abses dan rata-rata biaya rumah sakit untuk mekanisme perawatan umum. melaluiataubersamaini transparansi ini profesional medis sanggup merespons secara efektif dan cepat skenario yang selalu berubah-ubah dan pasien sanggup mengambil keputusan dengan pertimbangan yang lebih matang terkait pilihan perawatan mereka.
  •  Pusat Medis Terkemuka
            Singapura ialah sentra medis regional yang kaya sisi, tidak spesialuntuk bagi pelayanan perawatan kesehatan tetapi juga sebagai daerah bertemunya para pakar medis untuk konferensi dan petes, sebagai basis konsultasi perawatan kesehatan dan administrasi operasi, dan sebagai sentra penelitian dan tes kemampuan dan pemahaman klinis.
  •  Keunggulan Pelayanan
            Penyedia pelayanan kesehatan di Singapura berserius pada pelanggan dan berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang efisien dengan menolongan teknologi maju dalam lingkungan pelayanan kesehatan yang terkelola dengan baik. Kebanyakan fasilitas pelayanan kesehatan di Singapura memiliki Pusat Pelayanan Pasien Internasional khusus untuk menangani kebutuhan pasien internasional, mulai dari pencarian informasi pertama dan sambutan di bandara, hingga layanan penerjemah dan santunan bagi keluarga pasien, pemulangan pasien dan tindak lanjut pasca perawatan setelah pasien pulang ke negaranya.Penyedia perawatan kesehatan terbaik Singapura mempunyai fasilitas yang setara dengan hotel bintang lima. Pasien dirawat dan memulihkan diri di lingkungan yang khusus dan berprivasi.
  • Keterjangkauan
            Biaya menjadi pertimbangan penting bagi banyak pasien internasional. Misalnya, bagi pasien tanpa asuransi atau berasuransi kecil dari Amerika, perawatan di Singapura spesialuntuk memakan biaya kurang lebih seperlima dibandingkan biaya di negara asal mereka. Biaya tersebut setara dengan biaya yang didiberikan oleh tujuan-tujuan wisata medis Asia terkemuka lainnya. Bahkan setelah menghitung biaya fasilitas dan perjalanan bagi pasien dan pendampingnya, biaya yang sanggup dihemat masih cukup signifikan. Di samping biaya yang terjangkau ini, pasien di Singapura dijamin menikmati perawatan kelas dunia dan hasil klinis yang memuaskan.
  •  Aksesibilitas dan Kenyamanan
            Singapura ialah kota internasional yang menyambut orang dari segala budaya. Bandara Internasional Changi yang menghubungkan 180 kota diseluruh dunia, yang menimbulkan Singapura sebagai negara yang sangat simpel diakses. Transportasi dan aksesibilitas di negara ini juga tidak kalah simpel dan nyaman. Bahasa Inggris menjadi bahasa utama untuk pendidikan dan bisnis, dan orang di Singapura tinggal dalam lingkungan yang sangat kondusif dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Di kota yang mengakomodasi beragaman etnis dan budaya ini,
  • Ketenangan Pikiran Saat Kesehatan Dibutuhkan
            Pengunjung di Singapura dijamin menikmati perawatan medis kelas dunia dalam lingkungan yang kondusif dan mengakomodasi keragaman budaya dan agama. Singapura benar-benar sebuah tujuan bagi wisatawan medis biar mereka sanggup menikmati ketenangan pikiran ketika kesehatan dibutuhkan.

Artikel Terkait

Perbandingan Ciri-Ciri System Kesehatan Dilihat Dari Pelayanankesehatan Negara Indonesia Dan Singapore
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email